Saturday, July 30, 2011

>> LUKISAN DAN BIOGRAFI POPO ISKANDAR

Pelukis, penulis esai, kritikus sastra Sunda, dosen seni rupa IKIP Bandung. Lahir di Garut pada 17 Desember 1927 dan meninggal pada 29 Januari 2000 pada umur 72 Tahun. Minatnya kepada seni lukis tumbuh karena pengaruh abangnya, Angkama, seorang guru guru gambar HIS, beranjak dewasa dibimbing oleh Hendra Gunawan dan Barli Samitawinata.

Bersama dengan kedua orang gurunya itu, Popo sering keluar masuk lorong dan perkampungan Bandung dan sekitarnya. Dalam proses melukis, Popo merasa lebih dekat dengan Hendra yang sifatnya terbuka, pandai bergaul dan memiliki rasa humor yang segar. Pada masa revolusi, Popo menggabungkan diri dengan TRIP. Dia menamatkan SMP di pengungsian. Setelah ada pengumuman Wakil Presiden Moh. Hatta yang memperkenankan para pegawai sipil bekarja pada pemerintahan negara federal, Popo kembali ke Bandung. Dia bermaksud mendalami seni lukis melalui pendidikan formal, pada jurusan Seni Rupa. Tamat tahun 1958. Penulisan skripsi untuk memenuhi tugas kesarjanaan, menyebabkan ia menulis esai dan kritik yang di antaranya dimuat dalam majalah Siasat (Jakarta) dan Budaya (Yogyakarta).

Pada mulanya lukisan Popo, terpengaruh oleh gurunya, Ries Mulder, orang Belanda yang mengajar di Juruan Seni Rupa dan cenderung berkiblat pada mazhab kubisme dan abstrak. Tetapi pengaruh realisme Hendra Gunawan pun tetap kuat. Dalam perkembangan selanjutnya, Popo menemukan gaya sendiri. Kegemarannya melukis kucing, menyebabkan ia sering diberi julukan "pelukis kucing". Sang Pelukis Maestro ini terkenal dengan ciri khas Lukisan bertema kucing, dilukis dalam gaya ekspresionis bernuansa minimalis, dengan tehnik cat tebal dan bertekstur. Salah satu alasan Popo Iskandar gemar melukis kucing, seperti yang pernah beliau ucapkan semasa hidup “ Tabiat kucing variatif, manja, binal dan buas, tapi penurut. Karena itu saya menyukainya” katanya. 

Dia melukiskan kegarangan, kemalasan, kelucuan, daya magis dan sifat-sifat lain yang dia lihat ada pada kucing. Dengan garis-garis yang sugestif dan warna yang hanya dua-tiga macam saja, dia mengungkapkan sifat-sifat kucing. Tetapi sebenarnya ia tidak hanya melukis kucing. Binatang lain dan motif lain pun banyak dia lukis seperti batu-batuan, lautan, kebun bambu, bunga, ayam, banteng, harimau, dll. Karya-karyanya seperti dapat dibagi dalam berbagai periode sesuai dengan motif yang banyak dia lukis, seperti periode jambangan bunga, periode kebun bambu, periode batu-batuan, periode lautan, periode kucing, periode ayam, dll.

Popo sering menyelenggarakan pameran, baik tunggal maupun bersama dengan yang lain, baik dalam negeri maupun di luar negeri. Pada tahun 1960, Popo terpilih sebagai Ketua BPB Kiwari Bandung yang aktif menyelenggarakan diskusi dan pertunjukan kesenian tradisional. Waktu pembentukan PPSS Popo menjadi salah seorang pendiri dan duduk sebagai anggota pengurus yang pertama, bertugas menilai calon anggota. 


Pada tahun 1970, Popo terpilih menjadi anggota Akademi Jakarta yang bertugas antara lain menyusun calon anggota Dewan Kesenian Jakarta dan memberikan saran-saran dalam bidang kebudayaan kepada Gubernur DKI Jakarta. Sehubungan dengan genapnya usia Affandi 70 tahun, Akademi Jakarta menugaskan Popo menulis buku tentang Affandi. Hasilnya adalah Affandi: Suatu jalan Baru dalam Realisme (Jakarta, 1977). Popo menjadi anggota tim penyusun buku Sejarah Seni Rupa Indonesia yang diterbitkan oleh Direktorat Kebudayaan Depdikbud (Jakarta, 1982), Naskahnya yang lain: Seni Lukis Indonesia pra-Persagi.

Lukisan Popo Iskandar banyak dikoleksi dan sekaligus dijadikan sebagai hiasan dekorasi interior dalam rumah bergaya modern dan minimalis, karya-karya Lukisanya banyak mendapatkan apresiasi dari para pengamat seni, baik dalam dan luar negeri.



"Ayam" by Popo Iskandar, Medium: Oil on canvas, Size: 48cm x 61cm, Year: 1995
*) Auction: Masterpiece




"Bulan diatas Bukit" by Popo Iskandar, Size: 95cm x 80cm, Medium: Oil on canvas, Year: 1996
*) Auction: Masterpiece




"Kucing" by Popo Iskandar, Size: 113cm x 82cm, Medium: Oil on canvas, Year: 1989
*) Auction: Masterpiece




"Two panthers and red sunset" by Popo Iskandar, Size: 100cm X 145cm, Medium: Oil on canvas, Year: 1996
*) Auction: Masterpiece



"Bunga" by Popo Iskandar, Size: 70cm x 65cm, Medium: oil on canvas
*) Auction: Masterpiece



"Cat" by Popo Iskandar, Medium: oil on canvas, Size: 75cm x 95cm, Year: 1994
*) Auction: Masterpiece



"Mother & child" by Popo Iskandar, Size: 100cm x 80cm, Medium: oil on canvas, Year: 1975 
*) Auction: Masterpiece


" Young Leopard " by Popo Iskandar, Medium: oil on canvas, Size: 70cm x 75cm, Year: 1998
*) Auction: Masterpiece


"Kucing" by Popo Iskandar, Medium: oil on canvas, Size: 120cm x 145 cm, Year: 1975